Manfaat Bermain Ular Tangga Jumbo

Permainan ular tangga yang kita kenal dan sering dimainkan saat kecil, ternyata berasal dari India. Di negeri asalnya, permainan ular tangga dikenal dengan nama Mokshapat, Moksha Patamu, Vaikuntapaali, atau Paramapada Sopanam yang mengajarkan tentang karma dan pentingnya berbuat baik. Diperkirakan, permainan ular tangga ini dimainkan pada awal abad ke-2 SM dan tidak secara jelas siapa pembuatnya.

Pada abad ke-19, permainan Ular Tangga masuk ke Inggris. Hadirnya permainan ular tangga di Inggris tidak terlepas dari andil penjajahan di India yang membawa ke Inggris pada saat itu. Kemudian di tahun 1943 diperkenalkan untuk pertama kalinya di Amerika Serikat. Hingga terkenal ke seluruh dunia.

Manfaat Bermain Ular Tangga

Ular Tangga Jumbo Seri Sepak Bola
Permainan ular tangga merupakan permainan klasik yang sederhana yang tak lekang oleh waktu dan selalu mengikuti trend masa kini tentunya masih digemari hingga saat ini.

Melalui konsep edutainment – pendidikan dan hiburan – permainan ular tangga yang termasuk ke dalam kategori papan permainan  atau board games tentu harus selalu mengikuti trend. Berbagai modifikasi pun dilakukan, baik dari sisi desain, ukuran atau pun tema. Seperti di ular tangga jumbo, tidak hanya ukurannya yang besar, desain dan temanya pun menarik, seperti Luar Angkasa, Sepak Bola, LOL Surprise dan Unicorn maupun yang tema klasik.

Ular Tangga Jumbo tidak hanya bisa dimainkan oleh anak-anak saja, orang tua pun bisa ikut bermain, tentu akan lebih seru lagi. Berikut beberapa manfaat bermain ular tangga jumbo:

1. Mempererat Kedekatan antar Pemain

Jika permainan ular tangga ini dimainkan bersama-sama anak dan orang tua, diyakini mampu mempererat kedekatan antar pemainnya, terutama anak dan kedua orang tuanya.

2. Mengajarkan Konsep Angka dan Bilangan

Anak akan berlatih mengenal bentuk angka dan berhitung (menghitung kotak-kotak yang ia lalui saat bermain sesuai jumlah mata dadu yang keluar).

3. Melatih Kemampuan Berbahasa Anak

Saat bermain ular tangga, terdapat komunikasi antar pemain ( orang tua dan anak ). Di sini kemampuan komunikasi atau kemampuan berbahasa anak terlatih.

4. Melatih Kesabaran dalam Menggapai Cita Cita

Tujuan dari permainan ular tangga adalah mencapai angka yang paling puncak. Namun dalam mencapai puncak, mereka pasti akan mengalami naik turun. Bila mendapati tangga, mereka akan naik lebih cepat, sebaliknya jika mendapati ular mereka harus turun posisi. Begitu juga dalam kehidupan, mungkin anak-anak akan mengalami keberhasilan dan kegagalan. Namun dengan ketekunan dan kesabaran akan membuat mereka tetap optimis dalam menggapai cita-cita meraka.

Referensi :
duniabelajaranak.id
idntimes.com
tutikandarini.com

Komentar (0)

Posting Komentar