Cara Bermain Ular Tangga Jumbo

Ular Tangga Jumbo atau Raksasa sama halnya dengan ular tangga versi kecil, hanya ukurannya saja yang lebih besar misalnya, 2 m x 2,5 m. Permainan ular tangga adalah permainan yang dapat dimainkan minimal oleh dua orang anak atau lebih, dengan cara melemparkan dadu sebagai penentu berapa langkah atau petak bidak atau anak akan melangkah.

cara bermain ular tangga jumbo raksasa
Permainan ular tangga termasuk permainan dalam kelompok Papan Permainan ( board game ) sama seperti  monopoli, halma, ludo, dan lain sebagainya. Tidak ada aturan baku berapa jumlah petak yang harus dibuat, setiap orang bisa membuat sesuai keinginanya, seperti ular tangga jumbo misalnya, dan tidak hanya terpaku dengan gambar ular dan tangga saja, tapi bisa dimodifikasi sesuai dengan perkembangan zaman agar tidak membosankan dan sebagai media pembelajaran.

di Ular Tangga Jumbo terdapat beberapa tema baik yang klasik berupa gambar Ular dan Tangga maupun Tematik, seperti Luar AngkasaSepakbola, LOL Surprise dan Unicorn dan tema-tema lainnya menyusul, Insya Allah.

Berikut cara bermain Ular Tangga Jumbo :

  1. Lakukan suit atau dengan pelemparan dadu – pelempar dadu dengan nilai tertinggi, mendapat giliran pertama – untuk menentukan urutan siapa yang akan bermain terlebih dahulu.
  2. Setiap pemain dimulai dari petak pertama ( biasanya ada tulisan Start di kiri bawah ).
  3. Lemparkan dadu dan lihat angka yang keluar, hasil pelemparan tersebut untuk menentukan berapa petak pemain harus maju (bisa dengan jalan atau loncat-loncat ).
  4. Jika pemain berhenti di ujung bawah tangga atau sejenisnya, maka pemain dapat langsung pergi ke ujung atas tangga yang lain.
  5. Jika pemain berhenti di gambar kepala ular atau sejenisnya, maka  pemain harus turun ke petak di ujung bawah atau ekor ular.
  6. Jika pemain berhenti di kotak yang tidak terdapat ujung bawah tangga atau kepala ular, maka pemain tetap di petak tersebut.
  7. Bila pemain mendapatkan angka 6, makan pemain berhak mendapat giliran sekali lagi. Jika tidak, maka giliran jatuh ke pemain selanjutnya.
  8. Pemenang  dari  permainan  ini  adalah  pemain  yang  pertama  kali berhasil mencapai petak 42 ( biasanya ada tulisan Finish atau gambar Piala Juara di kiri atas).
Selamat Bermain...!!!

Komentar (0)

Posting Komentar